Monday, March 21, 2016

Tugas Analisis Kurikulum (Kelas D)

Pada pertemuan sebelumnya kalian telah mempelajari Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah utamanya mengenai:
  1. Pengertian kurikulum
  2. Tantangan internal  dan eksternal pengembangan kurikulum 2013Penyempurnaan pola pikir yang dikembangkan pada Kurikulum 2013
  3. Karakteristik Kurikulum 2013
  4. Tujuan kurikulum 2013
  5. Landasan filosofis, teoritis, dan yuridis pengembangan kurikulum 2013, dan
  6. Rumusan kompetensi inti pada Kurikulum 2013.

Setelah memahami poin-poin di atas, kita akan mempelajari Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah lebih lanjut. Bersama kelompok Anda, diskusikan lagi Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah kemudian kerjakan soal-soal berikut!
  1. Tuliskan kompetensi inti-1 (KI-1) di Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah!
  2. Tuliskan kompetensi inti-2 (KI-2) di Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah!T
  3. uliskan kompetensi inti-3 (KI-3) di Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah!
  4. Tuliskan kompetensi inti-4 (KI-4) di Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah!
  5. Berapa jam per minggu mata pelajaran matematika dipelajari di Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah?
  6. Kegiatan ekstrakurikuler apa yang WAJIB di Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah?
  7. Mata pelajaran kelompok A terdiri atas  mata pelajaran apa saja?
  8. Siapa yang mengembangkan konten mata pelajaran kelompok A?
  9. Mata pelajaran kelompok B terdiri atas  mata pelajaran apa saja?
  10. Siapa yang mengembangkan konten mata pelajaran kelompok B?
  11.  Beban belajar satu minggu Kelas VII, VIII, dan IX adalah ... jam pembelajaran.
  12. Durasi setiap satu jam pembelajaran adalah . . . menit.
  13. Kompetensi dasar dirumuskan untuk mencapai ... .
  14. Sebutkan kompetensi-kompetensi dasar yang digunakan untuk mencapai kompetensi inti-3 pada mata pelajaran matematika kelas VII !
  15. Sebutkan kompetensi-kompetensi dasar yang digunakan untuk mencapai kompetensi inti-4 pada mata pelajaran matematika kelas VII !
Catatan: 
  1. Permendikbud versi lengkap bisa didownload di link berikut: http://adpend.upi.edu/lopen/wp-content/files/02_Permendikbud_Nomor_68_Tahun_2013_tentang_Kerangka_Dasar_dan_Struktur_Kurikulum_SMP-MTs_-_Biro_Hukor.pdf
  2. Tuliskan jawaban Anda di kolom comment, jangan lupa tulis Nama/NIM/Kelas.


21 comments:

  1. Nama : Winda Kurnia Devinta
    NIM : 1300006207
    Kelas : D

    1. Kompetensi inti sikap spiritual
    2. Kompetensi inti sikap sosial
    3. Kompetensi inti pengetahuan
    4. Kompetensi inti keterampilan
    5. 5 jam/minggu
    6. Pramuka
    7. Mata pelajaran kelompok A:
    - Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
    - Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    - Bahasa Indonesia
    - Matematika
    - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
    - Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
    - Bahasa Inggris
    8. Kelompok mata pembelajaran yang kontennya dikembangkan oleh pusat
    9. Mata pelajaran kelompok B:
    - Seni Budaya
    - Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan
    - Prakarya
    10. Kelompok mata pembelajaran yang kontennya dikembangkan oleh pusat dan dilengkapi dengan konten lokal yang dikembangkan oleh pemerintah daerah
    11. 38 jam pembelajaran
    12. 40 menit
    13. Kompetensi inti
    14. Kompetensi-kompetensi dasar yang digunakan untuk mencapai kompetensi inti-3 pada mata pelajaran matematika kelas VII
    3.1 Membandingkan dan mengurutkan beberapa bilangan bulat dan pecahan serta menerapkan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi
    3.2 Menjelaskan pengertian himpunan, himpunan bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan dan menunjukkan contoh dan bukan contoh
    3.3 Menyelesaikan persamaan dan pertaksamaan linear satu variable
    3.4 Memahami konsep perbandingan dan menggunakan bahasa perbandingan dalam mendeskripsikan hubungan dua besaran atau lebih
    3.5 Memahami pola dan menggunakannya untuk menduga dan membuat generalisasi (kesimpulan)
    3.6 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar dan menggunakannya untuk menentukan keliling dan luas
    3.7 Mendeskripsikan lokasi benda dalam koordinat Cartesius
    3.8 Menaksir dan menghitung luas permukaan bangun datar yang tidak beraturan dengan menerapkan prinsip-prinsip geometri
    3.9 Memahami konsep transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) menggunakan objek-objek geometri
    3.10 Menemukan peluang empirik dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan sekelompok data
    3.11 Memahami teknik penyajian data dua variabel menggunakan tabel, grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik garis

    15. Kompetensi-kompetensi dasar yang digunakan untuk mencapai kompetensi inti-4 pada mata pelajaran matematika kelas VII
    4.1 Menggunakan pola dan generalisasi untuk menyelesaikan masalah
    4.2 Menggunakan konsep aljabar dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial sederhana
    4.3 Membuat dan menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel
    4.4 Menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel dan grafik
    4.5 Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan grafik
    4.6 Menerapkan prinsip-prinsip transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) dalam memecahkan permasalahan nyata
    4.7 Menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait penerapan sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat, dan layang-layang
    4.8 Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan menyajikan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik
    4.9 melakukan percobaan untuk menemukan peluang empirik dari masalah nyata serta menyajikannya dalam bentuk tabel dan grafik


    ReplyDelete
  2. Nama: Debby Septia Anggraini
    NIM : 1300006032
    Kelas : D

    1. Kompetensi inti-1 (KI-1) tentang sikap spiritual
    2. Kompetensi inti-2 (KI-2) tentang sikap sosial
    3. Kompetensi inti-3 (KI-3) tentang pengetahuan
    4. Kompetensi inti-4 (KI-4) tentang keterampilan
    5. Mata pelajaran matematika dipelajari selama 5 jam per minggu
    6. Ekstrakurikuler yang wajib adalah pramuka
    7. Mata pelajaran kelompok A terdiri dari:
    7.1 Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
    7.2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    7.3 Bahasa Indonesia
    7.4 Matematika
    7.5 Ilmu Pengetahuan Alam
    7.6 Ilmu Pengetahuan Sosial
    7.7 Bahasa Inggris
    8. Yang mengembangkan konten mata pelajaran kelompok A adalah pusat
    9. Mata pelajaran kelompok B terdiri dari:
    9.1 Seni Budaya
    9.2 Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan
    9.3 Prakarya
    10. Yang mengembangkan konten mata pelajaran kelompok B adalah pusat dan dilengkapi dengan konten lokal yang dikembangkan oleh pemerintah daerah
    11. Jumlah alokasi waktu per minggu kelas VII, VIII, dan IX adalah 38 jam pembelajaran
    12. Durasi setiap satu jam pembelajaran adalah 40 menit
    13. Kompetensi dasar dirumuskan untuk mencapai kompetensi inti
    14. Kompetensi-kompetensi dasar yang digunakan untuk mencapai kompetensi inti-3 pada mata pelajaran matematika kelas VII ialah:
    3.1 Membandingkan dan mengurutkan beberapa bilangan bulat dan pecahan serta menerapkan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi
    3.2 Menjelaskan pengertian himpunan, himpunan bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan dan menunjukkan contoh dan bukan contoh
    3.3 Menyelesaikan persamaan dan pertaksamaan linear satu variable
    3.4 Memahami konsep perbandingan dan menggunakan bahasa perbandingan dalam mendeskripsikan hubungan dua besaran atau lebih
    3.5 Memahami pola dan menggunakannya untuk menduga dan membuat generalisasi (kesimpulan)
    3.6 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar dan menggunakannya untuk menentukan keliling dan luas
    3.7 Mendeskripsikan lokasi benda dalam koordinat Cartesius
    3.8 Menaksir dan menghitung luas permukaan bangun datar yang tidak beraturan dengan menerapkan prinsipprinsip geometri
    3.9 Memahami konsep transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) menggunakan objek-objek geometri
    3.10 Menemukan peluang empirik dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan sekelompok data
    3.11 Memahami teknik penyajian data dua variabel menggunakan tabel, grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik garis
    15. kompetensi-kompetensi dasar yang digunakan untuk mencapai kompetensi inti-4 pada mata pelajaran matematika kelas VII ialah:
    4.1 Menggunakan pola dan generalisasi untuk menyelesaikan masalah
    4.2 Menggunakan konsep aljabar dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial sederhana
    4.3 Membuat dan menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel
    4.4 Menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel dan grafik
    4.5 Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan grafik
    4.6 Menerapkan prinsip-prinsip transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) dalam memecahkan permasalahan nyata
    4.7 Menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait penerapan sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat, dan layang-layang
    4.8 Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan menyajikan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik
    4.9 melakukan percobaan untuk menemukan peluang empirik dari masalah nyata serta menyajikannya dalam bentuk tabel dan grafik

    ReplyDelete
  3. Good..
    Nomor 1 s.d 4 masih belum tepat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama:Debby Septia Anggraini
      NIM:1300006032
      Kelas:D

      1. Kompetensi inti-1 (KI-1) tentang sikap spiritual
      KELAS VII,VIII,IX:
      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
      2. Kompetensi inti-2 (KI-2) tentang sikap social
      KELAS VII,VIII,IX:
      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
      3. Kompetensi inti-3 (KI-3) tentang pengetahuan
      KELAS VII, VIII, IX:
      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
      4. Kompetensi inti-4 (KI-4) tentang keterampilan
      KELAS VII, VIII, IX:
      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori


      Sudah diralat pak nomor 1-4 pak. Terimakasih pak.

      Delete
  4. Vikyarianti / 1400006081 /4D

    1.Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
    2.Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
    3.Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
    4.Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
    5.5 Jam per minggu.
    6.Pramuka.
    7.Mata pelajaran kelompok A: Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Bahasa Inggris.
    8.Kelompok A adalah kelompok mata pelajaran yang kontennya dikembangkan oleh pusat.
    9.Mata pelajaran kelompok B:Seni Budaya, Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan, Prakarya.
    10.Kelompok B adalah kelompok mata pelajaran yang kontennya dikembangkan oleh pusat dan dilengkapi dengan konten lokal yang dikembangkan oleh pemerintah daerah.
    11.38 jam pembelajaran.
    12.40 menit.
    13.Kompetensi dasar dirumuskan untuk mencapai Kompetensi inti.
    14.kompetensi dasar yang digunakan untuk mencapai kompetensi inti-3 pada mata pelajaran matematika kelas VII adalah:
    3.1 Membandingkan dan mengurutkan beberapa bilangan bulat dan pecahan serta menerapkan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi.
    3.2 Menjelaskan pengertian himpunan, himpunan bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan dan menunjukkan contoh dan bukan contoh.
    3.3 Menyelesaikan persamaan dan pertaksamaan linear satu variable.
    3.4 Memahami konsep perbandingan dan menggunakan bahasa perbandingan dalam mendeskripsikan hubungan dua besaran atau lebih.
    3.5 Memahami pola dan menggunakannya untuk menduga dan membuat generalisasi (kesimpulan).
    3.6 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar dan menggunakannya untuk menentukan keliling dan luas.
    3.7 Mendeskripsikan lokasi benda dalam koordinat Cartesius.
    3.8 Menaksir dan menghitung luas permukaan bangun datar yang tidak beraturan dengan menerapkan prinsip-prinsip geometri.
    3.9 Memahami konsep transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan,rotasi) menggunakan objek-objek geometri.
    3.10 Menemukan peluang empirik dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan sekelompok data.
    3.11 Memahami teknik penyajian data dua variabel menggunakan tabel, grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik garis.
    15.kompetensi dasar yang digunakan untuk mencapai kompetensi inti-4 pada mata pelajaran matematika kelas VII adalah:
    4.1 Menggunakan pola dan generalisasi untuk menyelesaikan masalah.
    4.2 Menggunakan konsep aljabar dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial sederhana.
    4.3 Membuat dan menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel.
    4.4 Menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel dan grafik.
    4.5 Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan grafik.
    4.6 Menerapkan prinsip-prinsip transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) dalam memecahkan permasalahan nyata.
    4.7 Menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait penerapan sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat, dan layang-layang.
    4.8 Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan menyajikan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik.
    4.9 Melakukan percobaan untuk menemukan peluang empirik dari masalah nyata serta menyajikannya dalam bentuk tabel dan grafik.

    ReplyDelete
  5. Irma Andriani/1400006199/D
    1. Menghargai dan meghayati ajaran agama yang dianutnya.
    2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawap, peduli ( toleransi, gotong royong ), santun, percaya diri, dalam beriteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaanya.
    3. Memahami dan menerapkan pengetahuan ( faktual, konseptual, dan prosedural ), berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan teknologi, seni, budaya, terkait fenomena dan keadian tampak mata.
    4. Mencoba mengolah, menyaji, menalar, dalam ranah konkret ( menggunakan, mengurai, merangkai, memdifikasi, dan membuat ) dan ranah abstrak ( menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang ), sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang atau teori.
    5. 5 jam per minggu.
    6. Pramuka
    7. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS Bahasa Inggris
    8. Kelompok Mata Pelajaran A dikembangkan oleh Pusat.
    9. Seni Budaya, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Prakarya.
    10. Kelompok Mata Pelajaran B dikembangkan oleh Pusat, dan dilengkapi dengan konten lokal yang dikembangkan oleh pemerintah daerah.
    11. 38 jam per minggu.
    12. 40 Menit.
    13. Kompetensi inti
    14. Kompetensi dasar dirumuskan untuk mencapai Kompetensi Inti.
    3.1 Membandingkan dan mengurutkan beberapa bilangan bulat dan pecahan serta menerapkan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi
    3.2 Menjelaskan pengertian himpunan, himpunan bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan dan menunjukkan contoh dan bukan contoh
    3.3 Menyelesaikan persamaan dan pertaksamaan linear satu variable
    3.4 Memahami konsep perbandingan dan menggunakan bahasa perbandingan dalam mendeskripsikan hubungan dua besaran atau lebih
    3.5 Memahami pola dan menggunakannya untuk menduga dan membuat generalisasi (kesimpulan)
    3.6 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar dan menggunakannya untuk menentukan keliling dan luas
    3.7 Mendeskripsikan lokasi benda dalam koordinat Cartesius
    3.8 Menaksir dan menghitung luas permukaan bangun datar yang tidak beraturan dengan menerapkan prinsipprinsip geometri
    3.9 Memahami konsep transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) menggunakan objek-objek geometri 3.10 Menemukan peluang empirik dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan sekelompok data 3.11 Memahami teknik penyajian data dua variabel menggunakan tabel, grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik garis.
    15. Kompetensi-kompetensi dasar yang digunakan untuk mencapai kompetensi inti-4 pada mata pelajaran matematika kelas VII
    4.1 Menggunakan pola dan generalisasi untuk menyelesaikan masalah
    4.2 Menggunakan konsep aljabar dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial sederhana
    4.3 Membuat dan menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel
    4.4 Menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel dan grafik
    4.5 Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan grafik
    4.6 Menerapkan prinsip-prinsip transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) dalam memecahkan permasalahan nyata
    4.7 Menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait penerapan sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat, dan layang-layang
    4.8 Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan menyajikan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik
    4.9 melakukan percobaan untuk menemukan peluang empirik dari masalah nyata serta menyajikannya dalam bentuk tabel dan grafik

    ReplyDelete
  6. Ovi'ulia Dwika Metronika H/1400006174/D

    1. Menghargai dan meghayati ajaran agama yang dianutnya.
    2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawap, peduli ( toleransi, gotong royong ), santun, percaya diri, dalam beriteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaanya.
    3. Memahami dan menerapkan pengetahuan ( faktual, konseptual, dan prosedural ), berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan teknologi, seni, budaya, terkait fenomena dan keadian tampak mata.
    4. Mencoba mengolah, menyaji, menalar, dalam ranah konkret ( menggunakan, mengurai, merangkai, memdifikasi, dan membuat ) dan ranah abstrak ( menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang ), sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang atau teori.
    5. waktu 5 jam per minggu.
    6. Pramuka
    7. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS Bahasa Inggris
    8. Kelompok Mata Pelajaran A dikembangkan oleh Pusat.
    9. Seni Budaya, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Prakarya.
    10. Kelompok Mata Pelajaran B dikembangkan oleh Pusat, dan dilengkapi dengan konten lokal yang dikembangkan oleh pemerintah daerah.
    11. masing-masing 38 jam per minggu.
    12. 40 Menit.
    13. Kompetensi inti
    14. 3.1 Membandingkan dan mengurutkan beberapa bilangan bulat dan pecahan serta menerapkan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi
    3.2 Menjelaskan pengertian himpunan, himpunan bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan dan menunjukkan contoh dan bukan contoh
    3.3 Menyelesaikan persamaan dan pertaksamaan linear satu variable
    3.4 Memahami konsep perbandingan dan menggunakan bahasa perbandingan dalam mendeskripsikan hubungan dua besaran atau lebih
    3.5 Memahami pola dan menggunakannya untuk menduga dan membuat generalisasi (kesimpulan)
    3.6 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar dan menggunakannya untuk menentukan keliling dan luas
    3.7 Mendeskripsikan lokasi benda dalam koordinat Cartesius
    3.8 Menaksir dan menghitung luas permukaan bangun datar yang tidak beraturan dengan menerapkan prinsipprinsip geometri
    3.9 Memahami konsep transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) menggunakan objek-objek geometri 3.10 Menemukan peluang empirik dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan sekelompok data 3.11 Memahami teknik penyajian data dua variabel menggunakan tabel, grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik garis.
    15. 4.1 Menggunakan pola dan generalisasi untuk menyelesaikan masalah
    4.2 Menggunakan konsep aljabar dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial sederhana
    4.3 Membuat dan menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel
    4.4 Menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel dan grafik
    4.5 Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan grafik
    4.6 Menerapkan prinsip-prinsip transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) dalam memecahkan permasalahan nyata
    4.7 Menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait penerapan sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat, dan layang-layang
    4.8 Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan menyajikan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik
    4.9 melakukan percobaan untuk menemukan peluang empirik dari masalah nyata serta menyajikannya dalam bentuk tabel dan grafik

    ReplyDelete
  7. MELI FITRIANI / 1400006166 KELAS D
    1. Menghargai dan meghayati ajaran agama yang dianutnya.
    2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawap, peduli ( toleransi, gotong royong ), santun, percaya diri, dalam beriteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaanya.
    3. Memahami dan menerapkan pengetahuan ( faktual, konseptual, dan prosedural ), berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan teknologi, seni, budaya, terkait fenomena dan keadian tampak mata.
    4. Mencoba mengolah, menyaji, menalar, dalam ranah konkret ( menggunakan, mengurai, merangkai, memdifikasi, dan membuat ) dan ranah abstrak ( menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang ), sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang atau teori.
    5. 5 jam per minggu.
    6. Pramuka
    7. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS Bahasa Inggris
    8. Kelompok Mata Pelajaran A dikembangkan oleh Pusat.
    9. Seni Budaya, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Prakarya.
    10. Kelompok Mata Pelajaran B dikembangkan oleh Pusat, dan dilengkapi dengan konten lokal yang dikembangkan oleh pemerintah daerah.
    11. 38 jam per minggu.
    12. 40 Menit.
    13. Kompetensi inti
    14. Kompetensi dasar dirumuskan untuk mencapai Kompetensi Inti.
    3.1 Membandingkan dan mengurutkan beberapa bilangan bulat dan pecahan serta menerapkan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi
    3.2 Menjelaskan pengertian himpunan, himpunan bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan dan menunjukkan contoh dan bukan contoh
    3.3 Menyelesaikan persamaan dan pertaksamaan linear satu variable
    3.4 Memahami konsep perbandingan dan menggunakan bahasa perbandingan dalam mendeskripsikan hubungan dua besaran atau lebih
    3.5 Memahami pola dan menggunakannya untuk menduga dan membuat generalisasi (kesimpulan)
    3.6 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar dan menggunakannya untuk menentukan keliling dan luas
    3.7 Mendeskripsikan lokasi benda dalam koordinat Cartesius
    3.8 Menaksir dan menghitung luas permukaan bangun datar yang tidak beraturan dengan menerapkan prinsipprinsip geometri
    3.9 Memahami konsep transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) menggunakan objek-objek geometri 3.10 Menemukan peluang empirik dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan sekelompok data 3.11 Memahami teknik penyajian data dua variabel menggunakan tabel, grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik garis.
    15. Kompetensi-kompetensi dasar yang digunakan untuk mencapai kompetensi inti-4 pada mata pelajaran matematika kelas VII
    4.1 Menggunakan pola dan generalisasi untuk menyelesaikan masalah
    4.2 Menggunakan konsep aljabar dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial sederhana
    4.3 Membuat dan menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel
    4.4 Menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel dan grafik
    4.5 Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan grafik
    4.6 Menerapkan prinsip-prinsip transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) dalam memecahkan permasalahan nyata
    4.7 Menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait penerapan sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat, dan layang-layang
    4.8 Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan menyajikan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik
    4.9 melakukan percobaan untuk menemukan peluang empirik dari masalah nyata serta menyajikannya dalam bentuk tabel dan grafik.

    ReplyDelete
  8. Nopvi Anggraini Mustika / 1400006171 Kelas D
    1. Menghargai dan meghayati ajaran agama yang dianutnya.
    2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawap, peduli ( toleransi, gotong royong ), santun, percaya diri, dalam beriteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaanya.
    3. Memahami dan menerapkan pengetahuan ( faktual, konseptual, dan prosedural ), berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan teknologi, seni, budaya, terkait fenomena dan keadian tampak mata.
    4. Mencoba mengolah, menyaji, menalar, dalam ranah konkret ( menggunakan, mengurai, merangkai, memdifikasi, dan membuat ) dan ranah abstrak ( menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang ), sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang atau teori.
    5. waktu 5 jam per minggu.
    6. Pramuka
    7. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS Bahasa Inggris
    8. Kelompok Mata Pelajaran A dikembangkan oleh Pusat.
    9. Seni Budaya, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Prakarya.
    10. Kelompok Mata Pelajaran B dikembangkan oleh Pusat, dan dilengkapi dengan konten lokal yang dikembangkan oleh pemerintah daerah.
    11. 38 jam per minggu.
    12. 40 Menit.
    13. Kompetensi inti
    14. Kompetensi dasar dirumuskan untuk mencapai Kompetensi Inti.
    3.1 Membandingkan dan mengurutkan beberapa bilangan bulat dan pecahan serta menerapkan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi
    3.2 Menjelaskan pengertian himpunan, himpunan bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan dan menunjukkan contoh dan bukan contoh
    3.3 Menyelesaikan persamaan dan pertaksamaan linear satu variable
    3.4 Memahami konsep perbandingan dan menggunakan bahasa perbandingan dalam mendeskripsikan hubungan dua besaran atau lebih
    3.5 Memahami pola dan menggunakannya untuk menduga dan membuat generalisasi (kesimpulan)
    3.6 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar dan menggunakannya untuk menentukan keliling dan luas
    3.7 Mendeskripsikan lokasi benda dalam koordinat Cartesius
    3.8 Menaksir dan menghitung luas permukaan bangun datar yang tidak beraturan dengan menerapkan prinsipprinsip geometri
    3.9 Memahami konsep transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) menggunakan objek-objek geometri 3.10 Menemukan peluang empirik dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan sekelompok data 3.11 Memahami teknik penyajian data dua variabel menggunakan tabel, grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik garis.
    15. Kompetensi-kompetensi dasar yang digunakan untuk mencapai kompetensi inti-4 pada mata pelajaran matematika kelas VII
    4.1 Menggunakan pola dan generalisasi untuk menyelesaikan masalah
    4.2 Menggunakan konsep aljabar dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial sederhana
    4.3 Membuat dan menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel
    4.4 Menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel dan grafik
    4.5 Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan grafik
    4.6 Menerapkan prinsip-prinsip transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) dalam memecahkan permasalahan nyata
    4.7 Menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait penerapan sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat, dan layang-layang
    4.8 Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan menyajikan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik
    4.9 melakukan percobaan untuk menemukan peluang empirik dari masalah nyata serta menyajikannya dalam bentuk tabel dan grafik.

    ReplyDelete
  9. nama : ita darmayanti
    nim : 1400006162
    kelas : D
    1.Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
    2.Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
    3.Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
    4.Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
    5.5 Jam per minggu.
    6.Pramuka.
    7.Mata pelajaran kelompok A: Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Bahasa Inggris.
    8.Kelompok A adalah kelompok mata pelajaran yang kontennya dikembangkan oleh pusat.
    9.Mata pelajaran kelompok B:Seni Budaya, Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan, Prakarya.
    10.Kelompok B adalah kelompok mata pelajaran yang kontennya dikembangkan oleh pusat dan dilengkapi dengan konten lokal yang dikembangkan oleh pemerintah daerah.
    11.38 jam pembelajaran.
    12.40 menit.
    13.Kompetensi dasar dirumuskan untuk mencapai Kompetensi inti.
    14.kompetensi dasar yang digunakan untuk mencapai kompetensi inti-3 pada mata pelajaran matematika kelas VII adalah:
    3.1 Membandingkan dan mengurutkan beberapa bilangan bulat dan pecahan serta menerapkan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi.
    3.2 Menjelaskan pengertian himpunan, himpunan bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan dan menunjukkan contoh dan bukan contoh.
    3.3 Menyelesaikan persamaan dan pertaksamaan linear satu variable.
    3.4 Memahami konsep perbandingan dan menggunakan bahasa perbandingan dalam mendeskripsikan hubungan dua besaran atau lebih.
    3.5 Memahami pola dan menggunakannya untuk menduga dan membuat generalisasi (kesimpulan).
    3.6 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar dan menggunakannya untuk menentukan keliling dan luas.
    3.7 Mendeskripsikan lokasi benda dalam koordinat Cartesius.
    3.8 Menaksir dan menghitung luas permukaan bangun datar yang tidak beraturan dengan menerapkan prinsip-prinsip geometri.
    3.9 Memahami konsep transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan,rotasi) menggunakan objek-objek geometri.
    3.10 Menemukan peluang empirik dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan sekelompok data.
    3.11 Memahami teknik penyajian data dua variabel menggunakan tabel, grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik garis.
    15.kompetensi dasar yang digunakan untuk mencapai kompetensi inti-4 pada mata pelajaran matematika kelas VII adalah:
    4.1 Menggunakan pola dan generalisasi untuk menyelesaikan masalah.
    4.2 Menggunakan konsep aljabar dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial sederhana.
    4.3 Membuat dan menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel.
    4.4 Menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel dan grafik.
    4.5 Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan grafik.
    4.6 Menerapkan prinsip-prinsip transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) dalam memecahkan permasalahan nyata.
    4.7 Menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait penerapan sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat, dan layang-layang.
    4.8 Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan menyajikan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik.
    4.9 Melakukan percobaan untuk menemukan peluang empirik dari masalah nyata serta menyajikannya dalam bentuk tabel dan grafik.

    ReplyDelete
  10. Nama : Rizka Wulandari
    NIM : 1400006099
    Kelas : D

    1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang di anutnya.

    2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

    3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

    4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkrit (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam susut pandang/teori.

    5. 5 jam per minggu.

    6. Ekstrakurikuler pramuka.

    7. Mata Pelajaran Kelompok A : Pendidikan agama dan budi pekerti, Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan sosial, bahasa inggris.

    8. Yang mengembangkan konten mata pelajaran kelompok A adalah pusat.

    9. Mata Pelajaran Kelompok B : Seni budaya, Pendidikan Jasmani, olahraga dan Kesehatan, Prakarya.

    10. Yang mengembangkan konten mata pelajaran kelompok B adalah pusat dan dilengkapi dengan konten lokal yang dikembangkan oleh pemerintah daerah.

    11. Beban belajar siswa dalam seminggu adalah 38 jam.

    12. Durasi setiap 1 jam pembelajaran adalah 40 menit.

    13. Kompetensi dasar di rumuskan untuk mencapai kompetensi inti.

    14. Kompetensi dasar yang digunakan untuk mencapai kompetensi inti-3 pada mata pelajaran matematika kelas VII adalah:
    3.1 Membandingkan dan mengurutkan beberapa bilangan bulat dan pecahan serta menerapkan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi.
    3.2 Menjelaskan pengertian himpunan, himpunan bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan dan menunjukkan contoh dan bukan contoh.
    3.3 Menyelesaikan persamaan dan pertaksamaan linear satu variable.
    3.4 Memahami konsep perbandingan dan menggunakan bahasa perbandingan dalam mendeskripsikan hubungan dua besaran atau lebih.
    3.5 Memahami pola dan menggunakannya untuk menduga dan membuat generalisasi (kesimpulan).
    3.6 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar dan menggunakannya untuk menentukan keliling dan luas.
    3.7 Mendeskripsikan lokasi benda dalam koordinat Cartesius.
    3.8 Menaksir dan menghitung luas permukaan bangun datar yang tidak beraturan dengan menerapkan prinsip-prinsip geometri.
    3.9 Memahami konsep transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan,rotasi) menggunakan objek-objek geometri.
    3.10 Menemukan peluang empirik dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan sekelompok data.
    3.11 Memahami teknik penyajian data dua variabel menggunakan tabel, grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik garis.

    15. Kompetensi dasar yang digunakan untuk mencapai kompetensi inti-4 pada mata pelajaran matematika kelas VII adalah:
    4.1 Menggunakan pola dan generalisasi untuk menyelesaikan masalah.
    4.2 Menggunakan konsep aljabar dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial sederhana.
    4.3 Membuat dan menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel.
    4.4 Menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel dan grafik.
    4.5 Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan grafik.
    4.6 Menerapkan prinsip-prinsip transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) dalam memecahkan permasalahan nyata.
    4.7 Menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait penerapan sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat, dan layang-layang.
    4.8 Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan menyajikan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik.
    4.9 Melakukan percobaan untuk menemukan peluang empirik dari masalah nyata serta menyajikannya dalam bentuk tabel dan grafik.

    ReplyDelete
  11. Desi Any Ma’rifah/1400006165/Kelas D
    1.Menghargai & menghayati ajaran agama yg dianutnya.
    2.Menghargai & menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli ( toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dlm berinteraksi secara efektif dgn lingkungan sosial & alam dlm jangkauan pergaulan & keberadaannya.
    3.Kelas VII: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, & prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya ttg ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena & kejadian tampak mata.
    Kelas VIII dan IX : Memahami & menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, & prosedural) berdasarkan rasa ingn tahunya ttg ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena & kejadian tampak mata.
    4.Mengolah, menyaji, & menalar dlm ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) & ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, & mengarang) sesuai dgn yg dipelajari di sekolah & sumber lain yg sama dlm sudut pandang/teori.
    5.Mata pelajaran matematika dipelajari di SMP/MTs 5 jam/minggu.
    6.Kegiatan ekstrakurikuler yg WAJIB di SMP/MTs adalah pramuka.
    7.Pend Agama & Budi Pekerti, Pend Pancasila & Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, & Bhs Inggris.
    8.Konten mata pelajaran kelompok A dikembangkan oleh pusat.
    9.Seni Budaya, Pend Jasmani, Olah Raga, & Kesehatan, serta Prakarya.
    10.Konten mata pelajaran kelompok B dikembangkan oleh pusat & dilengkapi dgn konten lokal yg dikembangkan oleh pemerintah daerah.
    11.Beban belajar 1 minggu adalah 38 jam pembelajaran.
    12.Durasi setiap 1 jam pembelajaran adalah 40 menit.
    13.Kompetensi dasar dirumuskan utk mencapai kompetensi inti.
    14.3.1 Membandingkan & mengurutkan bbrpa bilangan bulat & pecahan serta menerapkan operasi hitung bilangan bulat & bilangan pecahan dgn memanfaatkan berbagai sifat operasi
    3.2 Menjelaskan pengertian himpunan, himpunan bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan & menunjukkan contoh & bukan contoh
    3.3 Menyelesaikan persamaan & pertaksamaan linear satu variable
    3.4 Memahami konsep perbandingan & menggunakan bhs perbandingan dlm mendeskripsikan hubungan 2 besaran/lebih
    3.5 Memahami pola & menggunakannya utk menduga & membuat generalisasi (kesimpulan)
    3.6 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar & menggunakannya utk menentukan keliling & luas
    3.7 Mendeskripsikan lokasi benda dlm koordinat Cartesius
    3.8 Menaksir & menghitung luas permukaan bangun datar yg tdk beraturan dgn menerapkan prinsip2 geometri
    3.9 Memahami konsep transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) menggunakan objek2 geometri
    3.10 Menemukan peluang empirik dari data luaran (output) yg mungkin diperoleh berdasarkan sekelompok data
    3.11 Memahami teknik penyajian data dua variabel menggunakan tabel, grafik batang, diagram lingkaran, & grafik garis
    15. 4.1 Menggunakan pola & generalisasi untuk menyelesaikan masalah
    4.2 Menggunakan konsep aljabar dlm menyelesaikan masalah aritmatika sosial sederhana
    4.3 Membuat & menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yg berkaitan dgn persamaan & pertidaksamaan linier satu variable
    4.4 Menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata dgn menggunakan tabel & grafik
    4.5 Menyelesaikan permasalahan dgn menaksir besaran yg tdk diketahui menggunakan grafik
    4.6 Menerapkan prinsip2 transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) dlm memecahkan permasalahan nyata
    4.7 Menyelesaikan permasalahan nyata yg terkait penerapan sifat2 persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat, & layang2
    4.8 Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, & menyajikan data hasil pengamatan dlm bentuk tabel, diagram, & grafik
    4.9 melakukan percobaan utk menemukan peluang empirik dri masalah nyata serta menyajikannya dlm bentuk table & grafik

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Nur Lailatul Fitri
    1400006159/D

    1.Kompetensi Inti-1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

    2.Kompetensi Inti-2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

    3.Kompetensi Inti-3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

    4.Kompetensi Inti-4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

    5.Matematika dipelajari 5 jam

    6.Ekskul wajib: pramuka

    7.Mata pelajaran kelompok A : Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikann Pancasila dan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS dan Bahasa Inggris

    8.Konten mata pelajaran kelompok A dikembangkan oleh pusat

    9.Mata pelajaran kelompok B : Seni Budaya, Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan serta Prakarya

    10.Konten mata pelajaran kelompok B dikembangkan oleh pusat dan dilengkapi dengan konten lokal yang dikembangkan oleh pemerintah daerah.

    11.Beban belajar: 38 jam/minggu.

    12.Durasi s1 jam pelajaran 40 menit.

    13.Kompetensi dasar dirumuskan untuk mencapai kompetensi inti.

    14.Kompetensi dasar untuk mencapai kompetensi inti-3 pelajaran matematika:
    3.1 Membandingkan dan mengurutkan beberapa bilangan bulat dan pecahan serta menerapkan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi
    3.2 Menjelaskan pengertian himpunan, himpunan bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan dan menunjukkan contoh dan bukan contoh
    3.3 Menyelesaikan persamaan dan pertaksamaan linear satu variable
    3.4 Memahami konsep perbandingan dan menggunakan bahasa perbandingan dalam mendeskripsikan hubungan dua besaran atau lebih
    3.5 Memahami pola dan menggunakannya untuk menduga dan membuat generalisasi (kesimpulan)
    3.6 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar dan menggunakannya untuk menentukan keliling dan luas
    3.7 Mendeskripsikan lokasi benda dalam koordinat Cartesius
    3.8 Menaksir dan menghitung luas permukaan bangun datar yang tidak beraturan dengan menerapkan prinsip-prinsip geometri
    3.9 Memahami konsep transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi)menggunakan objek-objek geometri
    3.10 Menemukan peluang empirik dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan sekelompok data
    3.11 Memahami teknik penyajian data dua variabel menggunakan tabel, grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik garis

    15.Kompetensi dasar untuk mencapai kompetensi inti-4 pelajaran matematika :
    4.1 Menggunakan pola dan generalisasi untuk menyelesaikan masalah
    4.2 Menggunakan konsep aljabar dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial sederhana
    4.3 Membuat dan menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel
    4.4 Menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel dan grafik
    4.5 Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan grafik
    4.5 Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan grafik
    4.6 Menerapkan prinsip-prinsip transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) dalam memecahkan permasalahan nyata
    4.7 Menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait penerapan sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat, dan layang-layang
    4.8 Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan menyajikan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik
    4.9 melakukan percobaan untuk menemukan peluang empirik dari masalah nyata serta menyajikannya dalam bentuk tabel dan grafik

    ReplyDelete
  14. 1. KI-1:Menghargai & menghayati ajaran agama yg dianutnya
    2. KI-2:Menghargai & menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi & gotong royong), santun, percaya diri, dlm berinteraksi scr efektif dg lingkungan sosial & alam dlm jangkauan pergaulan & keberadaannya
    3. KI-3:Kelas VII:Memahami pengetahuan (faktual, konseptual & prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya ttg ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena & kejadian tampak mata
    Kelas VIII & IX:Memahami & menerapkan pengetahuan(faktual, konseptual & prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya ttg ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena & kejadian tampak mata
    4. KI-4:Kelas VII:Mencoba, mengolah & menyaji dlm ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi & membuat) & ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar & mengarang) sesuai dg yg dipelajari di sekolah & sumber lain yg sama dlm sudut pandang/teori
    Kelas VIII dan IX:Mengolah, menyaji & menalar dlm ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi & membuat) & ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar & mengarang) sesuai dg yg dipelajari di sekolah & sumber lain yg sama dlm sudut pandang/teori
    5. 5 jam/minggu
    6. PRAMUKA
    7. Pendidikan agama & budi pekerti, pendidikan pancasila & kewarganegaraan bahasa Indonesia, matematika, IPA, IPS & bhs inggris
    8. konten mata pelajaran kelompok A dikembangkan oleh pusat.
    9. seni budaya, pendidikan jasmani, olahraga & kesehatan, prakarya
    10. konten mata pelajaran kelompok B dikembangkan oleh pusat & pemerintah daerah
    11. Beban belajar satu minggu kelas VII, VIII & IX 38 jam pembelajaran
    12. 40 menit
    13. Kompetensi inti
    14. KD matematika kelas VII:
    3.1 Membandingkan & mengurutkan bbrp bilangan bulat & pecahan serta menerapkan operasi hitung bilangan bulat & bilangan pecahan dg memanfaatkan berbagai sifat operasi
    3.2 Menjelaskan pengertian himpunan, himpunan bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan & menunjukkan contoh & bukan contoh
    3.3 Menyelesaikan persamaan & pertaksamaan linear satu variabel
    3.4 Memahami konsep perbandingan & menggunakan bahasa perbandingan dlm mendeskripsikan hubungan dua besaran/lebih
    3.5 Memahami pola & menggunakannya utk menduga & membuat generalisasi (kesimpulan)
    3.6 Mengidentifikasi sifat2 bangun datar & menggunakannya untuk menentukan keliling & luas
    3.7 Mendeskripsikan lokasi benda dlm koordinat Cartesius
    3.8 Menaksir & menghitung luas permukaan bangun datar yg tidak beraturan dgn menerapkan prinsip2 geometri
    3.9 Memahami konsep transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) menggunakan objek2 geometri
    3.10 Menemukan peluang empirik dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan sekelompok data
    3.11 Memahami teknik penyajian data dua variabel menggunakan tabel, grafik batang, diagram lingkaran & grafik garis
    15. KD matematika kelas VII:
    4.1 Menggunakan pola & generalisasi utk menyelesaikan masalah
    4.2 Menggunakan konsep aljabar dlm menyelesaikan masalah aritmatika sosial sederhana
    4.3 Membuat & menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yg berkaitan dgn persamaan & pertidaksamaan linier satu variabel
    4.4 Menggunakan konsep perbandingan utk menyelesaikan masalah nyata dgn menggunakan tabel & grafik
    4.5 Menyelesaikan permasalahan dgn menaksir besaran yg tdk diket menggunakan grafik
    4.6 Menerapkan prinsip-prinsip transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) dlm memecahkan permasalahan nyata
    4.7 Menyelesaikan permasalahan nyata yg terkait penerapan sifat2 persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat & layang2
    4.8 Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi & menyajikan data hasil pengamatan dlm bentuk tabel, diagram & grafik
    4.9 melakukan percobaan utk menemukan peluang empirik dari masalah nyata serta menyajikannya dlm bentuk tabel & grafik

    ReplyDelete
  15. Rabiatul Adawiyah / 1400006161 / D

    1. Menghargai dan meghayati ajaran agama yang dianutnya.
    2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawap, peduli ( toleransi, gotong royong ), santun, percaya diri, dalam beriteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaanya.
    3. Memahami dan menerapkan pengetahuan ( faktual, konseptual, dan prosedural ), berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan teknologi, seni, budaya, terkait fenomena dan keadian tampak mata.
    4. Mencoba mengolah, menyaji, menalar, dalam ranah konkret ( menggunakan, mengurai, merangkai, memdifikasi, dan membuat ) dan ranah abstrak ( menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang ), sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang atau teori.
    5. waktu 5 jam per minggu.
    6. Pramuka
    7. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS Bahasa Inggris
    8. Kelompok Mata Pelajaran A dikembangkan oleh Pusat.
    9. Seni Budaya, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Prakarya.
    10. Kelompok Mata Pelajaran B dikembangkan oleh Pusat, dan dilengkapi dengan konten lokal yang dikembangkan oleh pemerintah daerah.
    11. masing-masing 38 jam per minggu.
    12. 40 Menit.
    13. Kompetensi inti
    14. 3.1 Membandingkan dan mengurutkan beberapa bilangan bulat dan pecahan serta menerapkan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi
    3.2 Menjelaskan pengertian himpunan, himpunan bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan dan menunjukkan contoh dan bukan contoh
    3.3 Menyelesaikan persamaan dan pertaksamaan linear satu variable
    3.4 Memahami konsep perbandingan dan menggunakan bahasa perbandingan dalam mendeskripsikan hubungan dua besaran atau lebih
    3.5 Memahami pola dan menggunakannya untuk menduga dan membuat generalisasi (kesimpulan)
    3.6 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar dan menggunakannya untuk menentukan keliling dan luas
    3.7 Mendeskripsikan lokasi benda dalam koordinat Cartesius
    3.8 Menaksir dan menghitung luas permukaan bangun datar yang tidak beraturan dengan menerapkan prinsipprinsip geometri
    3.9 Memahami konsep transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) menggunakan objek-objek geometri 3.10 Menemukan peluang empirik dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan sekelompok data 3.11 Memahami teknik penyajian data dua variabel menggunakan tabel, grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik garis.
    15. 4.1 Menggunakan pola dan generalisasi untuk menyelesaikan masalah
    4.2 Menggunakan konsep aljabar dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial sederhana
    4.3 Membuat dan menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel
    4.4 Menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel dan grafik
    4.5 Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan grafik
    4.6 Menerapkan prinsip-prinsip transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) dalam memecahkan permasalahan nyata
    4.7 Menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait penerapan sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat, dan layang-layang
    4.8 Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan menyajikan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik
    4.9 melakukan percobaan untuk menemukan peluang empirik dari masalah nyata serta menyajikannya dalam bentuk tabel dan grafik

    ReplyDelete
  16. Nama: reza yuliansyah
    Nim :1400006190
    Kelas: D
    1.Menghargai & menghayati ajaran agama yg dianutnya.
    2.Menghargai & menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli ( toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dlm berinteraksi secara efektif dgn lingkungan sosial & alam dlm jangkauan pergaulan & keberadaannya.
    3.Kelas VII: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, & prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya ttg ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena & kejadian tampak mata.
    Kelas VIII dan IX : Memahami & menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, & prosedural) berdasarkan rasa ingn tahunya ttg ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena & kejadian tampak mata.
    4.Mengolah, menyaji, & menalar dlm ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) & ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, & mengarang) sesuai dgn yg dipelajari di sekolah & sumber lain yg sama dlm sudut pandang/teori.
    5.Mata pelajaran matematika dipelajari di SMP/MTs 5 jam/minggu.
    6.Kegiatan ekstrakurikuler yg WAJIB di SMP/MTs adalah pramuka.
    7.Pend Agama & Budi Pekerti, Pend Pancasila & Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, & Bhs Inggris.
    8.Konten mata pelajaran kelompok A dikembangkan oleh pusat.
    9.Seni Budaya, Pend Jasmani, Olah Raga, & Kesehatan, serta Prakarya.
    10.Konten mata pelajaran kelompok B dikembangkan oleh pusat & dilengkapi dgn konten lokal yg dikembangkan oleh pemerintah daerah.
    11.Beban belajar 1 minggu adalah 38 jam pembelajaran.
    12.Durasi setiap 1 jam pembelajaran adalah 40 menit.
    13.Kompetensi dasar dirumuskan utk mencapai kompetensi inti.
    14.3.1 Membandingkan & mengurutkan bbrpa bilangan bulat & pecahan serta menerapkan operasi hitung bilangan bulat & bilangan pecahan dgn memanfaatkan berbagai sifat operasi
    3.2 Menjelaskan pengertian himpunan, himpunan bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan & menunjukkan contoh & bukan contoh
    3.3 Menyelesaikan persamaan & pertaksamaan linear satu variable
    3.4 Memahami konsep perbandingan & menggunakan bhs perbandingan dlm mendeskripsikan hubungan 2 besaran/lebih
    3.5 Memahami pola & menggunakannya utk menduga & membuat generalisasi (kesimpulan),
    3.6 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar & menggunakannya utk menentukan keliling & luas,
    3.7 Mendeskripsikan lokasi benda dlm koordinat Cartesius
    3.8 Menaksir & menghitung luas permukaan bangun datar yg tdk beraturan dgn menerapkan prinsip2 geometri,
    3.9 Memahami konsep transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) menggunakan objek2 geometri
    3.10 Menemukan peluang empirik dari data luaran (output) yg mungkin diperoleh berdasarkan sekelompok data,
    3.11 Memahami teknik penyajian data dua variabel menggunakan tabel, grafik batang, diagram lingkaran, & grafik garis,
    15. 4.1 Menggunakan pola & generalisasi untuk menyelesaikan masalah,
    4.2 Menggunakan konsep aljabar dlm menyelesaikan masalah aritmatika sosial sederhana,
    4.3 Membuat & menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yg berkaitan dgn persamaan & pertidaksamaan linier satu variable,
    4.4 Menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata dgn menggunakan tabel & grafik,
    4.5 Menyelesaikan permasalahan dgn menaksir besaran yg tdk diketahui menggunakan grafik,
    4.6 Menerapkan prinsip2 transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) dlm memecahkan permasalahan nyata,
    4.7 Menyelesaikan permasalahan nyata yg terkait penerapan sifat2 persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat, & layang2,
    4.8 Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, & menyajikan data hasil pengamatan dlm bentuk tabel, diagram, & grafik,
    4.9 melakukan percobaan utk menemukan peluang empirik dri masalah nyata serta menyajikannya d.lm bentuk table & grafik.

    ReplyDelete
  17. Nama :Seldy Derudinansyah
    Nim :1400006167
    Semester:4
    Kelas : D

    1.Menghargai & menghayati ajaran agama yg dianutnya.
    2.Menghargai & menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli ( toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dlm berinteraksi secara efektif dgn lingkungan sosial & alam dlm jangkauan pergaulan & keberadaannya.
    3.Kelas VII: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, & prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya ttg ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena & kejadian tampak mata.
    Kelas VIII dan IX : Memahami & menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, & prosedural) berdasarkan rasa ingn tahunya ttg ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena & kejadian tampak mata.
    4.Mengolah, menyaji, & menalar dlm ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) & ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, & mengarang) sesuai dgn yg dipelajari di sekolah & sumber lain yg sama dlm sudut pandang/teori.
    5.Mata pelajaran matematika dipelajari di SMP/MTs 5 jam/minggu.
    6.Kegiatan ekstrakurikuler yg WAJIB di SMP/MTs adalah pramuka.
    7.Pend Agama & Budi Pekerti, Pend Pancasila & Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, & Bhs Inggris.
    8.Konten mata pelajaran kelompok A dikembangkan oleh pusat.
    9.Seni Budaya, Pend Jasmani, Olah Raga, & Kesehatan, serta Prakarya.
    10.Konten mata pelajaran kelompok B dikembangkan oleh pusat & dilengkapi dgn konten lokal yg dikembangkan oleh pemerintah daerah.
    11.Beban belajar 1 minggu adalah 38 jam pembelajaran.
    12.Durasi setiap 1 jam pembelajaran adalah 40 menit.
    13.Kompetensi dasar dirumuskan utk mencapai kompetensi inti.
    14.3.1 Membandingkan & mengurutkan bbrpa bilangan bulat & pecahan serta menerapkan operasi hitung bilangan bulat & bilangan pecahan dgn memanfaatkan berbagai sifat operasi
    3.2 Menjelaskan pengertian himpunan, himpunan bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan & menunjukkan contoh & bukan contoh
    3.3 Menyelesaikan persamaan & pertaksamaan linear satu variable
    3.4 Memahami konsep perbandingan & menggunakan bhs perbandingan dlm mendeskripsikan hubungan 2 besaran/lebih
    3.5 Memahami pola & menggunakannya utk menduga & membuat generalisasi (kesimpulan),
    3.6 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar & menggunakannya utk menentukan keliling & luas,
    3.7 Mendeskripsikan lokasi benda dlm koordinat Cartesius
    3.8 Menaksir & menghitung luas permukaan bangun datar yg tdk beraturan dgn menerapkan prinsip2 geometri,
    3.9 Memahami konsep transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) menggunakan objek2 geometri
    3.10 Menemukan peluang empirik dari data luaran (output) yg mungkin diperoleh berdasarkan sekelompok data,
    3.11 Memahami teknik penyajian data dua variabel menggunakan tabel, grafik batang, diagram lingkaran, & grafik garis,
    15. 4.1 Menggunakan pola & generalisasi untuk menyelesaikan masalah,
    4.2 Menggunakan konsep aljabar dlm menyelesaikan masalah aritmatika sosial sederhana,
    4.3 Membuat & menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yg berkaitan dgn persamaan & pertidaksamaan linier satu variable,
    4.4 Menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata dgn menggunakan tabel & grafik,
    4.5 Menyelesaikan permasalahan dgn menaksir besaran yg tdk diketahui menggunakan grafik,
    4.6 Menerapkan prinsip2 transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) dlm memecahkan permasalahan nyata,
    4.7 Menyelesaikan permasalahan nyata yg terkait penerapan sifat2 persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat, & layang2,
    4.8 Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, & menyajikan data hasil pengamatan dlm bentuk tabel, diagram, & grafik,
    4.9 melakukan percobaan utk menemukan peluang empirik dri masalah nyata serta menyajikannya d.lm bentuk table & grafik.

    ReplyDelete
  18. Nama :Seldy Derudinansyah
    Nim :1400006167
    Semester:4
    Kelas : D

    1.Menghargai & menghayati ajaran agama yg dianutnya.
    2.Menghargai & menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli ( toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dlm berinteraksi secara efektif dgn lingkungan sosial & alam dlm jangkauan pergaulan & keberadaannya.
    3.Kelas VII: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, & prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya ttg ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena & kejadian tampak mata.
    Kelas VIII dan IX : Memahami & menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, & prosedural) berdasarkan rasa ingn tahunya ttg ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena & kejadian tampak mata.
    4.Mengolah, menyaji, & menalar dlm ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) & ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, & mengarang) sesuai dgn yg dipelajari di sekolah & sumber lain yg sama dlm sudut pandang/teori.
    5.Mata pelajaran matematika dipelajari di SMP/MTs 5 jam/minggu.
    6.Kegiatan ekstrakurikuler yg WAJIB di SMP/MTs adalah pramuka.
    7.Pend Agama & Budi Pekerti, Pend Pancasila & Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, & Bhs Inggris.
    8.Konten mata pelajaran kelompok A dikembangkan oleh pusat.
    9.Seni Budaya, Pend Jasmani, Olah Raga, & Kesehatan, serta Prakarya.
    10.Konten mata pelajaran kelompok B dikembangkan oleh pusat & dilengkapi dgn konten lokal yg dikembangkan oleh pemerintah daerah.
    11.Beban belajar 1 minggu adalah 38 jam pembelajaran.
    12.Durasi setiap 1 jam pembelajaran adalah 40 menit.
    13.Kompetensi dasar dirumuskan utk mencapai kompetensi inti.
    14.3.1 Membandingkan & mengurutkan bbrpa bilangan bulat & pecahan serta menerapkan operasi hitung bilangan bulat & bilangan pecahan dgn memanfaatkan berbagai sifat operasi
    3.2 Menjelaskan pengertian himpunan, himpunan bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan & menunjukkan contoh & bukan contoh
    3.3 Menyelesaikan persamaan & pertaksamaan linear satu variable
    3.4 Memahami konsep perbandingan & menggunakan bhs perbandingan dlm mendeskripsikan hubungan 2 besaran/lebih
    3.5 Memahami pola & menggunakannya utk menduga & membuat generalisasi (kesimpulan),
    3.6 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar & menggunakannya utk menentukan keliling & luas,
    3.7 Mendeskripsikan lokasi benda dlm koordinat Cartesius
    3.8 Menaksir & menghitung luas permukaan bangun datar yg tdk beraturan dgn menerapkan prinsip2 geometri,
    3.9 Memahami konsep transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) menggunakan objek2 geometri
    3.10 Menemukan peluang empirik dari data luaran (output) yg mungkin diperoleh berdasarkan sekelompok data,
    3.11 Memahami teknik penyajian data dua variabel menggunakan tabel, grafik batang, diagram lingkaran, & grafik garis,
    15. 4.1 Menggunakan pola & generalisasi untuk menyelesaikan masalah,
    4.2 Menggunakan konsep aljabar dlm menyelesaikan masalah aritmatika sosial sederhana,
    4.3 Membuat & menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yg berkaitan dgn persamaan & pertidaksamaan linier satu variable,
    4.4 Menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata dgn menggunakan tabel & grafik,
    4.5 Menyelesaikan permasalahan dgn menaksir besaran yg tdk diketahui menggunakan grafik,
    4.6 Menerapkan prinsip2 transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) dlm memecahkan permasalahan nyata,
    4.7 Menyelesaikan permasalahan nyata yg terkait penerapan sifat2 persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat, & layang2,
    4.8 Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, & menyajikan data hasil pengamatan dlm bentuk tabel, diagram, & grafik,
    4.9 melakukan percobaan utk menemukan peluang empirik dri masalah nyata serta menyajikannya d.lm bentuk table & grafik.

    ReplyDelete